Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Keren dan Menginspirasi, Basirih Kampung Merah Putih Terbaik di Banjarmasin

Banjarmasin, Indonesia Jaya - Semangat warga Kampung Basirih memerah-putihkan kampungnya membuahkan hasil. Kampung Keramat Basirih yang mereka siapkan menjadi Kampung Merah Putih (Kamaratih) jilid 2 setelah Sungai Andai, akhirnya memenangkan lomba Kampung Merah Putih se-kota Banjarmasin tahun 2024.

Kegembiraan warga Kampung Keramat Basirih pun semakin membuncah setelah kampung mereka akhirnya resmi dinobatkan sebagai Kampung Merah Putih 2024 terbaik pertama, dalam Lomba Kampung Merah Putih (Kamaratih) yang diselenggarakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin dan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Banjarmasin.

Meskipun tidak mentargetkan juara dan hanya berpartisipasi dalam mensukseskan Gebyar Agustusan, mereka tetap serius mempersolek kampung mereka. Dan hasilnya Kampung Keramat Basirih RT 9 RW 01, Kecamatan Banjarmasin secara menyakinkan mengungguli wakil-wakil kecamatan se-Kota Banjarmasin yang berlomba dalam rangka memeriahkan HUT ke -79 Republik Indonesia dan Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-498.

Mereka pun menggungguli Kelurahan Basirih dan Alalak Utara. Dalam lomba ini juga, Juara Kedua Kampung Merah Putih  diraih Kampung AMD Besar RT 31/32 , Kelurahan Pekapuran Raya, Kecamatan Banjarmasin Timur. Sedangkan Posisi ketiga disabet Komplek Gemilang Gemilang Raya, Jalan Alalak Utara RT 09. Kecamatan Banjarmasin Timur.

Ketua Panitia Penyelenggara Lomba Kampung Merah Putih 2024,Bambang Budiyanto dalam keterangan resminya, di Banjarmasin, Selasa (03/09/2024) menjelaskan kampung-kampung yang memenangkan lomba Kampung Merah Putih “Nusantara Baru Indonesia Maju” adalah yang sudah memenuhi kreteria-kreteria yang ditetap panitia penyelenggara.

“ Desain Pintu Gerbang yang meliputi gambar Pancasila,bendera merah putih, alamat setempat tertera di Gapura dan tulisan suasana kemerdekaan RI. Kreteria lainnya adalah pengibaran merah putih yang terlihat di depan rumah warga sepanjang kawasan perkampungan termasuk pula umbul-umbul,” terang Bambang, yang juga Ketua Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) Banjarmasin.

Lebih jauh pria yang pernah menjabat Ketua KPU Kota Banjarmasin, membeberkan semua kreteria yang ditetapkan panitia lomba juga mengacu kepada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009, tentang Bendera,Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan. Tentunya harus berkesesuaian seperti pemerataan pemasangan bendera,kerapian,kesemarakan dan kombinasi umbul-umbul merah putih.

“Disamping faktor kebersihan dan keindahan serta Kamtibmas, Nah yang terpenting juga partisipasi langsung masyarakat yang tulus.Memasang bendera dan umbul serta menghias kampung secantik mungkin, karena panggilan jiwa dan rasa cinta tanah air yang tinggi,” jelas Bambang.

Berdasarkan penilaian tim penilai yang terjun langsung ke lapangan dan survei, maka ditetapkan Kampung Keramat Basirih sebagai juara pertama Kampung Merah Putih (Kamaratih) dengan nilai sempurna 2000, Sedangkan Kampung AMD 2, Kelurahan Pekapuran Raya, menempati posisi Runner Up dengan nilai 1.940 dan posisi ketiga menjadi miliknya Komplek Gemilang Gemilang Raya, Jalan Alalak Utara RT 09. Kecamatan Banjarmasin Timur, 1.760,7.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin, Dr Lukman Fadlun mengapresiasi partisipasi kampung-kampung se-kota Banjarmasin yang mengikuti Lomba Kampung Merah Putih (Kamaratih) tahun 2024.Dia pun mengucapkan terima kasih dengan partisipasi masyarakat sehingga penyelenggaraan lomba berjalan semarak dan menumbuhkan semangat cinta tanah air yang tinggi.

“Ini menjadi spirit bagi kampung-kampung lainnya dalam menanamkan rasa cinta tanah air. Bukan karena mengejar status juara semata, namun nilai-nilai semangat perjuangan dan gotong royong yang harus dijaga dan dirawat dengan baik. Kami mengapresiasi para juara dan partisipasi masyarakat luas hingga acara perdana ini semarak dan sukses,” ujar Lukman Fadlun.
Lomba dalam menyuarakan "Gebyar Agustusan" merupakan bagian lanjutan atau squel program kerja Pengurus PPWK berkolaborasi dengan Kesbangpol Kota Banjarmasin. Sebelumnya kerjasama ini telah membuat percontohan Kampung Merah Putih (Kamaratih ) Sungai Andai, Jalan Cengkeh - At Rahman RT 79, tahun 2023 lalu.

“Alhamdulillah program melahirkan Kamaratih-Kamaratih baru berjalan.Terbukti kampung-kampung di pinggiran kota menunjukkan eksistensinya untuk menjadi Kampung Merah Putih, tentu membanggakan bagi Banjarmasin. Dan Insya Allah reward kami berikan di puncak Hari Jadi Kota Banjarmasin ke 498 ini,” pungkasnya

Posting Komentar

0 Komentar