Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Gencar, Sosialisasi Pengembalian Tarif Jasa Layanan Air Limbah Non Pelanggan



Banjarmasin (11/10/2024), Indonesia Jaya News - Jajaran Perumda PALD Kota Banjarmasin hingga saat ini terus melaksanakan sosialisasi terkait pentingnya sanitasi yang baik dan peranan Instansinya untuk mendukung hal tersebut dalam aktivitas Pengelolaan air limbah domestik. Namun saat ini diutamakan sosialisasi pengembalian tarif jasa pelayanan air limbah untuk Non Pelanggan Perumda Pald Banjarmasin.

"Kami sesuai instruksi harus mengembalikan tarif jasa itu. Melalui kegiatan ini sambil turun ke lapangan, juga menyampaikan berbagai informasi terkait pengelolaan limbah air domestik," ujar Deris, Selasa,  (5/11/2024).

Untuk uang yang dikembalikan tersebut, sudah ada yang datang ke Perumda Pald dan juga dibuka loket di PT Air Minum Bandarmasih. Selain itu juga turun ke berbagai RT dan Kelurahan, sambil menyampaikan kegiatan pengelolaan air limbah domestik.

"Dengan pengembalian tarif jasa tersebut kita berharap kedepannya Masyarakat lebih terbuka berkaitan dengan pengelolaan limbah domestik," Deris menambahkan.

Katanya, ini dilaksanakan karena kewajiban semuanya. Sebab selama hidup menghasilkan limbah domestik dan harus diolah dengan baik

"Harapannya kedepannya regulasi-regulasi semakin baik kedepannya dan Masyarakat semakin tinggi pemahamannya dan mudah-mudahan pengelolaan limbah domestik di Kota Banjarmasin khususnya terus berkembang dan tentunya lingkungan kita, Kota kita menjadi sehat dan bersih," kata Deris penuh harapan.

Disebutkan, Kalau melihat kondisi sungai kita yang sudah banyak tercemar oleh limbah domestik, tentunya menjadi pekerjaan rumah (PR) berat bagi kita. Dengan adanya pengelolaan limbah domestik yang terus disampaikan ke Masyarakat yang sedikit demi sedikit pemahaman mereka semakin baik dan Masyarakat mau berubah, dan Pihaknya selaku Operator memberikan pelayanan. 

"Mudah-mudahan kedepannya hasilnya bisa dirasakan untuk anak cucunya kita. Bagaimana Banjarmasin bisa bersih kembali kedepannya," harap Deris.

Menyinggung kegiatan dengan Indah Water Konsorsium (IWK) di Oktober 2024 Jajaran Perumda Pald Banjarmasin kembali mengunjungi ke sana selama sepekan dan membawa Tim sebanyak 10 orang. Tim yang dibawa tersebut berbeda dengan sebelumnya dan melihat kondisi pelayanan penanganan limbah domestik di Malaysia yang berskala Nasional.

"Alhamdulillah kami sudah ke sana. Untuk tindak lanjutnya kami selalu kontak-kontak dengan IWK, karena ini dalam fase-fase akhir. Tapi kami terus melakukan kegiatan pelatihan melalui webinar maupun zoom meeting," ujar Deris.

Kata Deris, Perumda Pald Banjarmasin juga selalu dijadwalkan bila ada tambahan pelatihan atau penambahan informasi berkaitan dengan pelatihan yang diberikan Tim IWK. Beberapa hari yang lalu juga sudah dilakukan zoom meeting untuk Tim Penjadwalan Penyedotan, khususnya untuk yang direncanakan di Kampung Hijau dan Kampung Biru sebagai Pilot Projectnya. Namun

Diungkapkan, saat ini masih ada beberapa bantuan kecil dari IWK yang diterima Perumda Pald Banjarmasin, berupa pengadaan peralatan dari program tersebut.
Kegiatan ini diharapkan terus berlanjut.

"Mudah-mudahan setelah selesai ini, ada tahap dua yang mungkin diawali lagi dengan surat menyurat untuk permohonan. Surat menyurat untuk pengumpulan data-data awal. Mudah-mudahan selesai tahap satu ini, akan berlanjut lagi nanti," katanya berharap.

Posting Komentar

0 Komentar